Jumat, 29 Maret 2013

UKM Diajak Melek Bisnis Online


UKM Diajak Melek Bisnis Online

Pelaku bisnis online tidak cuma bisa digeluti oleh mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang tinggal di daerah pun bisa juga menjajal peruntungan dari bisnis online.

Menurut data yang dimiliki Indosat Mega Media (IM2), perkembangan e-commerce di Indonesia bergerak cukup dinamis. Terlebih di era digital sekarang ini yang membuka pintu lebar-lebar terhadap peluang yang harus ditangkap setiap pelaku usaha termasuk pelaku UKM. 

IM2 bersama situs e-commerce TokoOn pun tidak segan-segan untuk mengajak para UKM ini untuk melek bisnis online. Caranya adalah lewat pelatihan dan pendampingan branding usaha.

Peserta aktif bertanya kepada para pembicara mengenai berbagai hal terkait dengan pemanfaatan TI dan tips-tips melakukan perdagangan melalui internet. Ketua Dekranas Tri Kirana Muslidatun dalam sambutannya menyambut baik program pelatihan dan pendampingan e-commerce bagi UKM ini.

Sebab sangat bermanfaat mengingat UKM masih terhambat perkembangannya karena berbagai persoalan seperti modal, manajemen bisnis sampai strategi pemasaran. Dengan memanfaatkan internet pelaku UKM bisa lebih meningkatkan pemasarannya. 

Program pelatihan dan pendampingan yang digelar dalam format seminar sehari ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai peranan teknologi dalam dunia usaha serta memberikan edukasi perkembangan media promosi dan pemasaran melalui media online. 

IM2 dan TokoOn ingin menularkan keahliannya kepada para pelaku UKM agar mereka dapat memanfaatkan dengan baik keberadaan internet bagi pemasaran produk dan jasa mereka sehingga dapat bertahan di persaingan dunia usaha. 

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan e-commerceyang memadai kepada pelaku UKM. Materi pelatihan berkisar mengenai edukasi pemanfaatan TI & perangkat komputer/laptop/gadget, serta strategi pemasaran online hingga kesempatan untuk praktek langsung (hands on). 

IM2 bahkan memberikan pendampingan door to door oleh tim khusus secara berkesinambungan. Tokoon.com pun mengklaim siap menjadi mitra bagi UKM untuk mempromosikan dan penjualan produk-produk Indonesia yang diproduksi oleh tangan-tangan terampil UKM/pelaku usaha, untuk menembus pasar internasional.

Selain pemaparan beberapa materi terkait e-commerce dan pemanfaatan teknologi dalam pengembangan usaha, TokoOn juga menyediakan studio mini guna mengakomodir kebutuhan peserta dalam pengambilan gambar produk yang sedianya akan digunakan sebagai display produk di TokoOn. 

"Seperti halnya tata letak, sudut pandang, dan cara kita menata produk di toko konvensional,
display produk di toko online sangat besar pengaruhnya terhadap potensi terjadinya transaksi," jelas M. Yudhi Sukarno, Manajer IM2 Jawa Tengah & D.I Yogyakarta. 

"Itulah mengapa TokoOn sangat menekankan kepada peserta untuk memberikan packaging dan teknik display yang baik. Salah satu caranya adalah memberikan pengetahuan dasar teknik pengambilan gambar tersebut,"
beberapa keuntungan dari usaha online atau di sebut dengan TokoOn, yaitu sebagai berikut:
Biaya Sewa yang Murah
Berapa besar biaya sewa yang harus dieluarkan dalam satu tahun jika Anda menyewa sebuah ruko, apalagi di tempat elit seperti mall? Tentu biaya yang sewa dibutuhkan akan besar. Dengan toko online Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sewa hosting dan domain saja per tahunnya.
Tidak Memerlukan Banyak Karyawan
Dengan adanya toko online maka Anda bisa memangkas jumlah karyawan, bahkan tidak diperlukan karyawan sama sekali. Ini tentu menjadi keuntungan bagi Anda.
Tidak Harus Memiliki Barang Sendiri
Tidak harus memiliki barang sendiri? Ya benar… Anda tidak harus memiliki barang sendiri, sebab bisa menjual juga barang milik orang lain. Bayangkan dalam toko Anda bisa menjual berbagai macam barang, seperti t-shirt, batik, sepatu, buku dan masih banyak lagi. Semua itu tidak mesti Anda membelinya, lakukan lobi kepada penjual barang tersebut untuk Anda jual kembali.
Jangkauan Pasar yang Luas
Dengan memiliki toko online maka Anda bisa menjual barang yang dimiliki dengan jangkauan pasar yang lebih luas, antar daerah, antara pulau, bahkan ke seluruh dunia.
Pengembangan Usaha
Jika selama ini Anda menjalankan usaha secara offline, maka dengan adanya toko online ini akan memberikan keutungan berlipat bagi Anda. Sebab Anda bisa menjual barang yang dimiliki secara online, dengan ekspansi pasar yang lebih luas. Menarik bukan?
Hemat Biaya Promosi
Dengan adanya internet maka promosi toko online tentu bisa lebih cepat dan hemat. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperi melakukan optimasi mesin pencari (SEO), promosi di situs iklan gratis, promosi di situs social bookmark, promosi di situs jejaring sosal( Facebook, Twitter). Untuk toko offline tentu biaya yang dikeluarkan lebih besar, seperti mmebuat brosur, banner, spanduk dan lain-lain.
Tidak Perlu di Jaga Setiap Saat
Tidak seperti sebuah toko offline, Anda harus menanti pelanggan yang datang untk berbelanja ke toko Anda. Melalui toko online, Anda tidak terus menerus menanti pelanggan, sebab transaksi pemesanan dapat dilakukan melalui email, email, sms atau sistem otomatis dari toko tersebut.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar