Minggu, 14 April 2013

TULISAN 3 - USAHA ONLINE


EKONOMI KREATIF
BERWIRAUSAHA SECARA ONLINE
I. PENDAHULUAN
Saya mengambil tema ini karna menurut saya usaha online adalah usaha yang mulai banyak di minati oleh berbagai kalangan dari pelajar sampai ke orang yang sudah bekerja. Namun banyak orang juga belum bisa memanfaatkan usaha online secara maksimal padahal banyak sekali keuntungan yang di tawarkan oleh usaha online itu sendiri.
Saya memiliki beberapa teman yang membuka usaha secara online yang menurut saya keuntungan mereka usaha online cukup besar bahkan keuntungan mereka melebihin orang-orang yang bekerja di kantor. Usaha online memang mudah tetapi tidak semudah yang kita pikirkan karna di perlukan keuletan dari pengusaha online itu sendiri.
Usaha online adalah salah satu konsep ekonomi kreatif. Kreatif untuk memilih produk apa yang akan di jual, kreatif mendesign web yang di gunakan untuk menarik pembeli, dan kreatif untuk banyak hal lainnya.
II. ISI
Konsep Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM)  sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya, Selain itu industri kreatif juga merupakan citra dan identitas suatu bangsa yang inovasi serta kreativitas. Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah wirausaha di Indonesia melonjak dari 0,24 persen pada 2009 menjadi 1,56 persen pada Januari 2012. Namun, jumlah ini harus terus ditingkatkan pada jumlah ideal, yakni dua persen dari total jumlah penduduk Tanah Air. Sebab, para wirausaha ini yang akan menjadi penggerak pembangunan ekonomi Indonesia.
Ekonomi kreatif juga mencakup para wirausaha online yang mengambil sikap untuk start action memulai bisnis internet merupakan kondisi bagus yang bermanfaat besar untuk bangsa ini.karna bisnis internet sudah mulai dinikmati oleh banyak kalangan dan sangat menggiurkan, bisnis melalui internet fleksibel tidak selalu menyita waktu kita.kita dapat melalukan bisnis secara online dengan mudah sekalipun kita masih berstatus pelajar ataupun kita seorang yang sudah memiliki karier kita dapat melakukan usaha online tersebut.
Pelaku bisnis online tidak cuma bisa digeluti oleh mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang tinggal di daerah pun bisa juga menjajal peruntungan dari bisnis online.

Menurut data yang dimiliki Indosat Mega Media (IM2), perkembangan e-commerce di Indonesia bergerak cukup dinamis. Terlebih di era digital sekarang ini yang membuka pintu lebar-lebar terhadap peluang yang harus ditangkap setiap pelaku usaha termasuk pelaku UKM. 
IM2 bersama situs e-commerce TokoOn pun tidak segan-segan untuk mengajak para UKM ini untuk melek bisnis online. Caranya adalah lewat pelatihan dan pendampingan branding usaha.
Internet adalah lahan subur yang bisa diolah siapa saja. Internet menyediakan beragam jenis peluang usaha dengan keuntungan yang memikat. Internet adalah ladang paling subur yang tak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.Sudah banyak cerita bagaimana usaha-usaha kecil maju dan berkembang berkat internet. Tak terhitung sudah berapa banyak orang yang menjalankan bisnisnya di internet dan menjadikan internet sebagai mata pencaharian utama. Dari berbagai macam pakaian, tas, sepatu,accessories, makanan bahkan sampai berbagai jenis jasapun dapat di tawarkan melalui online. Pengiriman barang yang sangat mudah dan praktis membuat orang memilih untuk belanja melalui online karna menurut mereka belanja melalui online sangatlah praktis mereka tidak perlu pergi jauh- jauh untuk membeli barang yang ingin di cari dan mereka dapat membelinya kapan saja tanpa harusmencari waktu kosong terlebih dahulu. Pembayaran secara onlinepun dapat di lakukan dengan 3 cara, cara pertama yaitu uang dapat langsung di kirim ke rekening penjual, kedua dapat melakukan COD atau ketemu langsung di tempat yang telah di sepakati dan yang ketiga adalah pembayaran melalui rekening pusat dimana saat barang sudah di terima oleh pembeli uang tersebut baru dapat di cairkan ke pihak penjual.
Bisnis internet bukan hanya milik mereka yang bisa komputer dan pintar internet, ini peluang terbuka yang bisa dimasuki siapa saja tanpa peduli dari latar belakang apapun anda datang, dengan kemauan kuat untuk belajar dan action, Anda pasti BISA!
Banyak cara untuk kita dapat berwirausaha misalnya Kita mempunyai suatu hobby yang dapat kita jadikan sebagai suatu usaha dimana kita memiliki hobby merawat kucing atau anjing dan kita dapat memanfaatkannya menjadi suatu peluang usaha dengan cara kita menerima penawaran untuk memandikan,merawat dan menerima penitipan kucing atau anjing yang dapat kita tawarkan melalui jasa internet atau sering kita sebut juga jasa secara online.
Beberapa Keuntungan Wirausaha Online:
Biaya Sewa yang Murah
Berapa besar biaya sewa yang harus dieluarkan dalam satu tahun jika Anda menyewa sebuah ruko, apalagi di tempat elit seperti mall? Tentu biaya yang sewa dibutuhkan akan besar. Dengan toko online Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sewa hosting dan domain saja per tahunnya.

Tidak Memerlukan Banyak Karyawan
Dengan adanya toko online maka Anda bisa memangkas jumlah karyawan, bahkan tidak diperlukan karyawan sama sekali. Ini tentu menjadi keuntungan bagi Anda.
Tidak Harus Memiliki Barang Sendiri
Tidak harus memiliki barang sendiri? Ya benar… Anda tidak harus memiliki barang sendiri, sebab bisa menjual juga barang milik orang lain. Bayangkan dalam toko Anda bisa menjual berbagai macam barang, seperti t-shirt, batik, sepatu, buku dan masih banyak lagi. Semua itu tidak mesti Anda membelinya, lakukan lobi kepada penjual barang tersebut untuk Anda jual kembali.
Jangkauan Pasar yang Luas
Dengan memiliki toko online maka Anda bisa menjual barang yang dimiliki dengan jangkauan pasar yang lebih luas, antar daerah, antara pulau, bahkan ke seluruh dunia.
Pengembangan Usaha
Jika selama ini Anda menjalankan usaha secara offline, maka dengan adanya toko online ini akan memberikan keutungan berlipat bagi Anda. Sebab Anda bisa menjual barang yang dimiliki secara online, dengan ekspansi pasar yang lebih luas. Menarik bukan?
Hemat Biaya Promosi
Dengan adanya internet maka promosi toko online tentu bisa lebih cepat dan hemat. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperi melakukan optimasi mesin pencari (SEO), promosi di situs iklan gratis, promosi di situs social bookmark, promosi di situs jejaring sosal( Facebook, Twitter). Untuk toko offline tentu biaya yang dikeluarkan lebih besar, seperti mmebuat brosur, banner, spanduk dan lain-lain.
Tidak Perlu di Jaga Setiap Saat
Tidak seperti sebuah toko offline, Anda harus menanti pelanggan yang datang untk berbelanja ke toko Anda. Melalui toko online, Anda tidak terus menerus menanti pelanggan, sebab transaksi pemesanan dapat dilakukan melalui email, email, sms atau sistem otomatis dari toko tersebut.

III. PENUTUP
Usaha Online dengan ide- ide kreatif sangat di butuhkan oleh bangsa Indonesia, karna ekonomi kreatif sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia dan pertumbuhan ekonomi kreatif sangat di tunggu pemerintah untuk memajukan bangsa lebih lagi.
Usaha online usaha yang sangat di minati oleh kalangan anak muda, 80-90 % pengusaha online adalah pengusaha muda yang mencoba dirinya berkarya dan berwirausaha di online.

Refrensi :





0 komentar:

Posting Komentar